Monday, December 26, 2016

On Board KRI Dewa Ruci

 

Seperti yang sudah saya utarakan pada postingan sebelumnya, postingan kali ini akan bercerita mengenai KRI Dewa Ruci yang pada Naval Open Day 2016 yang lalu menjadi sajian atraksi utama yang membuat terkesima banyak pengunjung yang hadir di Armatim Surabaya. 
Kapal yang berdesain antik dan vintage itu berlabuh setahun sekali di Surabaya khusus untuk menghadiri Naval Open Day setiap tahunnya setelah selama kurang lebih satu tahun berkeliling menjelajahi Dunia.

Foto KRI Dewa Ruci diatas saya ambil dari atas KRI Iskandar Muda, pada saat KRI Dewa Ruci hendak berlabuh di dermaga di depan monumen Jalesveva Jayamahe. (eehhmmm... saya melewatkan sailing pass yg dilakukan Dewa Ruci 😢)

skip...

skip....

skip...

Setelah KRI Dewa Ruci bersandar di dermaga, ratusan orang antri untuk menaiki kapal antik yang dibuat di Hamburg tahun 1953 tersebut. Saya lebih memilih untuk menunggu dengan sabar hingga sekitar pukul 11:30 daripada saya harus berdesak-desakan dibawah sinar matahari yang terik menyengat. Sambil menunggu, saya memilih untuk menaiki KRI John Lie dan KRI Usman Harun yang bersandar persis dibelakang KRI Dewa Ruci.


Setelah situasi mulai sepi, giliran saya menjelajah KRI Dewa Ruci. Berikut foto-fotonya :

Plat Nama KRI Dewa Ruci

Made in Hamburg 1953

Shield bergambar wayang bertuliskan KRI Dewa Ruci yang terletak didepan jembatan untuk on board ke Dewa Ruci

Bendera-bendera yang terpasang di KRI Dewa Ruci

Pintu Ruang ABK menuju ke dek bawah

Ruang Kontrol yang terletak dibelakang kemudi

Kemungkinan Engine Room 

Kemudi KRI Dewa Ruci

Lonceng Khas KRI Dewa Ruci 

Satu hal lagi yang menarik dan menjadi perhatian adalah bendera Merah Putih berukuran besar yang terpasang dibagian buritan KRI Dewa Ruci.


Well, setelah dirasa cukup saya pun segera turun dari KRI Dewa Ruci. Mission Accomplished.
Bagi anda yang ingin melihat kapal antik ini secara dekat, silahkan datang ke Naval Open day bulan Desember 2017 mendatang.

Catatan :
  • Acara ini Gratis
  • Event Tahunan
  • Pakailah topi, payung, atau penutup kepala agar terlindung
  • Jika ingin naik dan melihat kapal-kapal yang bersandar, saya sarankan datang pagi sekitar pukul 05:00. Dont worry, jam 06:00 sudah boleh naik ke kapal koq
  • Datang pagi juga kesempatan bagus untuk berfoto-foto sebelum arena Naval Open Day dipenuhi pengunjung.
  • Jaga kebersihan



No comments:

Post a Comment